Kamis, 25 November 2010

Mengembalikan Grub Pada Ubuntu 10.04

hai hai hai...
ketemu lagi setelah sekian lama vakum. kali ini, saya bakal ngebahas gimana cara ngebalikin grub ubuntu yang hilang pasca install ulang windows. kalo grub ubuntu kita hilang, rasanya pasti kesel banget. apalagi kalo banyak repository-nya yang udah kepasang. pasti nggak bakal rela kalo hilang semua. nah, gara-gara itu juga yang ngebuat saya kesel banget. sampe-sampe, ubuntu yang udah cakep-cakep pake segala aksesoris repository malah harus ke-install ulang. grrrrrrr...
tapi tenang. setelah browsing sekian lama di internet, akhirnya saya dapet caranya. sebelumnya, saya berterima kasih banget ama empunya sumber blog yang udah ngasi saya saran dan informasi. tanpa maksud mengurangi rasa hormat saya, saya minta ijin buat memposting ulang.

1. Siapkan CD Ubuntu 10.04. kalo mau pake boot-flash juga bisa.
2. Masuk ke Live CD dan Pilih ” Try Ubuntu “
3. Setelah itu masuk ke Terminal dan ketikkan :
sudo fdisk -l

4. Maka akan terlihat pembagian Hardisk anda seperti gambar diatas, perhatikan letak partisi Linux berada. sebagai contoh yang bakal saya pake' yaitu : /dev/sda6. langkah selanjutnya ketik :
sudo mkdir /media/sda6

sudo mount /dev/sda6 /media/sda6

sudo grub-install –-root-directory=/media/sda6 /dev/sda

5. . Terlihat Instalation finished. No error reported.., lalu restartlah komputer anda dengan perintah : sudo reboot

tunggu system buat nge-restart. setelah ntu, taraaaaaaa.... grub yang mulanya nggak kebaca bakal nongol lagi... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar